Rabu, 21 April 2010

All About ALAY

Halo teman-teman, buat iseng-iseng aja nih gue mau membahas tentang alay, kayanya lagi booming banget sih mereka. Selain booming di dunia nyata, mereka juga booming di dunia maya, ya seperti misalnya facebook ini nih. Sekedar melihat ke belakang, kayanya pertama-tama kita mesti tau dulu pengertian alay tuh apa. Alay pada dasarnya memiliki arti Anak LAYangan. Mungkin kata alay itu ada karena ada segerombolan anak kampung yang gayanya gitu deh, terus rambutnya merah, kaya orang keseringan main layangan. Kalo orang keseringan main layangan kan rambutnya merah kena matahari, ya merahnya merah kaya gitu. Ngecatnya juga nggak ngerti tuh pake cat apa, mungkin cat tembok, cat air, cat minyak, atau jangan-jangan cat woman?

Kalo dilihat sekarang, kayanya kepanjangannya alay tuh mesti diupdate deh. Menurut gue sih Anak LAYangan udah nggak cocok lagi. Udah ketinggalan jaman. Menurut gue, yang lebih cocok tuh Asu LAYangan, alias anjing layangan, yaitu anjing-anjing yang suka main layangan. Karena mereka semua udah kaya anjing, bahkan anjing aja kalah anjingnya sama alay. Bayangkan, membaca tulisan atau sms dari alay, membutuhkan waktu yang cukup lama. Susah banget dimengerti, hurufnya sama bahasanya.

Huruf yang mereka pake nggak lazim banget. Allah aja waktu bikin Al-Quran nggak gitu-gitu amat kok hurufnya. Nah ini kaya gini nih. Ini kan namanya menentang Tuhan, ya nggak sih? Contohnya nih ya : “W 9Hy D! HuMZzZ. . . ? ? ?” Artinya : Gue lagi di rumah. Sebenernya, kalo kita tulis dengan normal, it’s so simple. Gue di rumah. Tapi yang ini, udah simpel maunya malah jadi ribet. Udah gitu, pake tanda bacanya ngaco pula. “Gue di rumah.” itu kan merupakan statement, alias kita menyatakan bahwa kita itu ada di rumah. Jadi kalimat itu bisa diselesaikan dengan tanda baca berupa titik. Tapi mereka beda, malah pake “. . . ? ? ?” So, what’s that? Lo mau ngomong, apa lo mau nanya lagi sih? Kaya gini nih yang bikin bacanya ribet, orang harusnya bisa baca beberapa detik, karena keanehan tulisannya, jadi perlu sekitar beberapa menit buat ngerti.

Terus gue mau bahas sedikit masalah style. Yang pernah gue liat sendiri nih secara langsung, waktu itu gue lagi mau berangkat kuliah. Terus di jalan ada beberapa anak STM sih nih kayanya. Mereka juga lagi mau berangkat sekolah. Ada satu orang yang gue liat nih gayanya kok melenceng banget dari gaya orang-orang normal. Gayanya petantang-petenteng banget. Jalan bertiga, dia di tengah sambil ngerokok gitu ceplas-ceplos bae. Rokoknya super tuh gue hafal banget baunya. Pertama gue liatin nih anak dari atas. Topi model New Era gitu, tapi kayanya sih ini palsu banget bos. Udah gitu ditekuk ke atas, topinya miring ke kanan. Rambut, emo nggak, mohawk nggak, gondrong nggak, botak nggak, keren pun, NGGAK KEREN SAMA SEKALI. Mukanya, gue nggak bisa sebutin ciri-cirinya, karena gue nggak mau menambah dosa. Kuping kiri kanan pake tindikan, tapi nanti paling pas sampe sekolah dicopot.

Gue menurunkan kepala gue sedikit. Sekarang gue liatin bajunya. Bajunya tuh ngepres banget. Kecil banget sampe ngatung gitu. Oke sih, karena emang badannya kurus gitu. Terus dalemannya, gue agak-agak lupa, yang jelas kaos warna-warni gitu deh. Nggak matching lah pokoknya. Yang lebih parah lagi, udah tau baju kecil banget, celananya gombrong parah gitu. Gombrongnya nggak tanggung-tanggung, hampir segede tiang flyover. Udah tau celana gombrong, masih aja dimodifikasi, dibikin ngatung gitu. Kaos kaki warna item, terus tingginya hampir sebetis. Sepatunya, model-model yang dijual di pasar gitu kayanya, cuma dicat sama ditulisin apa gitu, biar tambah keren kali. Menurut kalian, kalo baju kecil banget gitu, terus celananya gombrong, pantes nggak sih? Kalo menurut gue sih nggak. Dan dengan penuh rasa percaya diri, si anak STM itu ngegodain mbak-mbak cakep yang lagi mau berangkat kerja. Ya Allah, ampunilah anak ini, semoga amal ibadahnya tidak kau terima, amin. Sejujurnya, gue tuh pengen banget tau deh, mereka itu trendsetternya siapa sih? Terus kiblat fashionnya ke arah mana? Dan yang terakhir, yang paling pengen gue tau tentang si anak STM ini, pas dia lagi ngaca sebelum berangkat ke sekolah, dengan pakaian yang kaya tadi, apakah dia akan bilang dia ganteng?

Sekarang gue mau bikin kamusnya nih, menurut perbendaharaan kata yang gue ketahui aja ya, nanti kalo ada yang kurang lengkap, menyusul deh. Ini gue nulisnya kata awalnya dulu, terus baru kata hasil modifikasi alaynya, terus ngacak gitu nggak sesuai dengan alfabet, okayyy.

Gue : W, Wa, Q, Qu, G
Lo : U
Rumah : Humz, Hozz
Aja : Ja, Ajj (Ajj bacanya apa ya?)
Yang : Iank/Iang, Eank/Eang (ada juga yang iiank/iiang)
Boleh : Leh
Baru : Ru
Ya/Iya : Yupz, Ia, Iupz
Kok : KoQ, KuQ, Kog, Kug
Nih : Niyh, Niech, Nieyh
Tuh : Tuwh, Tuch
Deh : Dech, Deyh
Belum : Lom, Lum
Cape : Cppe, Cpeg
Kan : Khan, Kant, Kanz
Manis : Maniezt, Manies
Cakep : Ckepp
Keren : Krenz, Krent
Kurang : Krang, Krank (Crank?)
Tau : Taw, Tawh, Tw
Bokep : Bokebb
Dulu : Duluw (Dulux aja biar bisa ngecat rumah)
Chat : C8
Tempat : T4
Sempat : S4
Telepon : Tilp
Ini : Iniyh, Nc
Ketawa : wkwkwk, xixixi, haghaghag, w.k.k.k.k.k., wkowkowkwo (bacanya apa coba tolong jelaskan)
Nggak : Gga, Gax, Gag, Gz
Hai : Ui (Apa Ui? Universitas Indonesia?)
SMS : ZMZ, XMX, MZ (oh god…)
Lagi : Ghiy, Ghiey, Gi
Apa : Pa, PPa (PPa ???)
Tapi : PPi (sama aja kaya yang diatas, asu)
Mengeluh : Hufft
Sih : Siech, Sieyh, Ciyh (nggak sekalian aja Syekh Puji)
Dong : Dumz, Dum (apa Dumolit?)
Reply : Repp (ini yang paling sering ditemukan di dunia maya)
Halo : Alow (menurut kalian, apakah kita teletubbies?)
Sayang : Saiank, Saiang
Lucu : Luthu, Uchul, Luchuw
Khusus : Khuzuz
Kalian : Klianz
Add : Et, Ett (biasanya minta di add friendsternya)
Banget : Bangedh, Beud, Beut (sekalian aja baut sama obeng)
Nya, contoh : misalnya, jadi misalna, misal’a, misal.a
Imut : Imoetz, Mutz
Loh : Loch, Lochkz, Lochx
Gitu : Gtw, Gitchu, Gituw
Salam : Lam
Kenal : Nal (buset irit karakter banget)
Buat : Wat, Wad
Cewek : Cwekz
Cowok : Cwokz
Karena/Soalnya : Coz, Cz
Masuk : Suk, Mzuk, Mzug, Mzugg
Punya : Pya, P’y
Pasti : Pzt
Anak : Nax, Anx, Naq (ko-naq?)
Cuekin : Cuxin
Curhat : Cvrht (anjing ini bahasa rusia apa?)
Terus : Rus, Tyuz, Tyz
Tiap : Tyap
Kalau : Kaluw, Klw, Low (oh maann…)
Setiap : Styp
Main : Men
Paling : Plink, P’ling
Love : Luph, Luff, Loupz, Louphh
Makan : Mumz, Mamz
Yuk : Yuq, Yuqz, Yukz
Lupa : Lupz
Udah : Dagh
Kamu : Kamuh, Kamyu, Qmu, Kamuwh
Aku : Akyu, Akuwh, Akku, (Asu)
Maaf : Mu’uv, Muupz, Muuv
Sorry : Cowwyy, Sowry
Siapa : Sppa, Cppa, Cpa, Spa
Kakak : Kakagg

Sumber kata-kata ini gue dapet dari pengalaman gue sendiri, misalnya, ada orang nggak jelas yang tiba-tiba sms gue kaya gitu, atau gue liat di facebook orang, atau pas dulu masih main friendster, terus sama gue baca di koran, kalo lagi iseng coba deh baca Warta Kota halaman paling belakang, sama Kompas Muda yang setiap hari Jumat. Itu isinya sms-sms dari kaum mereka yang mau curhat, kalo nggak minta tampilin fotonya artis kesukaannya dia. Ada lagi yang lebih bego, ada juga yang minta nomer hp nya artis.

Oh iya, ini nggak ditulisnya kaya gini nih, biasanya ditulisnya pake huruf gede kecil yang bikin kita keliatan pinter, soalnya kita kalo keseringan baca tulisan dari mereka pasti kita pake kaca mata, jadi keliatan pinter. Ditulisnya juga nggak pake huruf biasa nih, ada juga yang pake angka.

A : @, 4, /\
B : 8
C : (
D : l>
E : €, 3
G : 9, 6
H : #
I : !
J : 7
K : l<
O : ()
R : 12
S : $, 5
T : 7 (7 bisa buat T sama J)
V : \/
W : \/\/
Z : 2

Sebenernya gampang banget sih kalo kita mau bikin tulisan kita jadi kaya alay. Kita ganti aja, misalnya kita mau nulis anak, kita tulisnya jadi anagg kalo nggak anaq, pokoknya mereka kalo nulis kata yang akhirannya k, biasanya diganti sama g kalo nggak q, kalo misalnya g, g nya itu harus dua, jadi gg.

Ini masih belum final version ya, nanti gue cari info lagi buat update, tapi sementara gini dulu ya friends. Semoga kalian bisa lebih berhati-hati dan tidak terjerumus ke jurang ke-alay-an. Amin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wakakakak, lucu bener, gan
moga2 mereka bisa kembali ke jalan yg bener :)

Posting Komentar

Chat Gratis 24 Jam



MEGAZOID © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is Edited and brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates